Monday, July 1, 2019

Paket Combo


Sebagai orang tua di dunia yang serba tergesa-gesa dan instant, orang tua cenderung menyukai paket 'combo'.
Semua sekaligus. Ajak satu, ajak semua. Sekalian beres. Keluar sekeluarga, pilih tempat makan bareng, belanja sebentar. Sudah.

Combo

Padahal kita tahu, setiap anak adalah pertemuan unik antara satu sel telur yang mempunyai gen tertentu dan sperma yang khas. Oleh sebab itu, terciptalah seorang anak, yang walau kembar sekalipun, distinktif. Berbeda. Mempunyai keunikan masing-masing. Hal tersebut, bukan melulu perlu dihapuskan dengan membandingkannya dengan saudaranya yang lain; tuh lihat! Kakak aja, waktu seusiamu, sudah bisa puasa sampai sore. Adik sudah tidak nangis lagi, dsb.

Tapi justru, keunikan dan keisitimewaan tersebut perlu sesekali di 'highlight', dihargai. Caranya?

Waduh, gak akan mudah ya. Terutama buat ibu yang beranak 3 atau lebih. Full time mom, yang sedang mengais-ngais waktu untuk bisa 'me-time' barang 30 menit aja.

Tapi kan gak ada yang gak mungkin?
Bisa kalau kita mau. Iya kan?

Cara simple, ajaklah masing-masing anak dating sendiri-sendiri dengan masing-masing orang tua.

Wah..Kapan waktunya? Berapa biayanya?

Percayalah, ada waktunya, dan gak besar biayanya. Coba dulu, kalau sudah coba, kan baru tahu?

Terkadang, ketika sudah pergi berdua saja sama anak itu, baru kita tahu, ternyata kita juga sangaat teramat menikmatinya! Bahkan bisa menjadi me-time yang sangat berkualitas. Karena kita gak harus melayani semua anak. Hanya kita dan dia. Daann, ternyata, bahagia itu sederhana. Sesederhana makan es krim cone yang ada di salah satu fastfood ternama di mall terdekat.

Ada juga 'discovery' bahwa ada anak yang suka makannya nyicil-nyicil, takut makanan yang enak habis, walau sudah kita persilahkan pesan lagi. Ada juga anak yang ternyata suka mencampur antara makan ikan dan sesuap oreo es krim kesukaannya. Salah? gak kan? Kita aja yang gregetan lihatnya.

Itulah tujuannya mengajak masing masing anak dating berdua saja. Pastikan Ada waktu berdua sama ibunya aja, dan ayahnya saja. Tentunya semuanya gak mesti di satu weekend, tapi bisa dibagi-bagi...

Then what?

Enjoy the uniqueness of each and every child

-Wina Risman-

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.