Friday, June 14, 2019

3 Hal yang Bisa Mengundang Kesuksesan


Coach Fitra dalam video motivasinya membagikan hal yang bisa mengundang kesuksesan. Ketiga hal itu adalah be, do, dan have.

Be artinya menjadi. Setiap diri hendaknya menempa diri dan pribadinya untuk menjadi "SESUATU"  yang bernilai. Ini bisa melalui belajar (membaca, pelatihan, menuntut ilmu) dan latihan (praktek) sehingga punya banyak pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Ini akan membuat seseorang menjadi semakin bernilai, baik sebagai pebisnis, ibu rumah tangga, penulis, atau lainnya sesuai dengan profesinya masing-masing.

Hal Kedua adalah Do. Do artinya melakukan. Setiap diri hendaknya membiasakan dirinya untuk senantiasa melakukan kebaikan. Berbuat sesuatu yang bermanfaat tidak hanya bagi dirinya tapi juga orang lain. Melakukan kebaikan di mana saja dan kepada siapa saja dengan TULUS dan Ikhlas.

Dua hal di ataslah yang seharusnya menjadi titik fokus bagi setiap orang yang ingin sukses dan maju. Terus meningkatkan kualitas dirinya dan melakukan kebaikan sepanjang waktu.

Bila dua hal di atas dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan, maka DENGAN SENDIRInya, ia akan mendapatkan hasil yang ia mau (HAVE). Have artinya seseorang akan memiliki, mendapatkan dan meraih apa yang ia impikan dan cita-citakan. Berkat dari kerja kerasnya pada BE dan DO yang POSITIVE.

Bapak Sandiaga Uno dalam bukunya pun pernah menyampaikan agar setiap orang fokus saja mengejar VISI hidup atau usahanya, maka kesuksesan hanya tinggal menunggu waktu.

Bila selama ini, diantara kita masih ada yang belum tepat mindsetnya dengan berfokus pada hasil (have) sementara ia mengabaikan be dan have, maka kesuksesan hanya ia raih sementara saja. Bisa saja orang dengan mindset yang salah akan melakukan cara-cara yang "instan" untuk meraih suksesnya. Tentu ini akan mengurangi nilainya sebagai manusia dan makhluk Allah.

Penjelasan di atas tadi tentang tiga konsep sukses itu bukan teori semata. Dalam QS Al-Bayyinah : 7-8, Allah menegaskan bahwa Ketika seorang hamba menjadikan dirinya termasuk bagian dari ORANG BERIMAN (be) dan MELAKUKAN KEBAIKAN (do) maka Allah akan membalas untuknya balasan terbaik yakni SURGA 'ADN.

Masya Allah
Semoga bisa menjadil ilmu yang bermanfaat dan menginspirasi u ntuk kita bisa meraih kesuksesan dunia dan akhirat.

By: Sukmadiarti Perangin-angin

#parentingschool #sekolahkepribadian #positiveconsulting

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.