Wednesday, March 27, 2019

Sharing Tips MPASI Travelling

by Mama Aiman
(Perjalanan darat kurang dari 12 jam. Dari pagi sampai malam)
1. Sebelum berangkat beri makan dulu di rumah
2. Siapkan cooler bag/cooler box/sejenisnya, ice gell beku sebanyak cooler bag bisa menampung
3. Bawa thermos isi air panas 500ml
4. Bawa mangkok, sendok minimal 2, slaber, cutter, plastik kotor
5. Bawa frozen food untuk 1x makan, tempatkan di toples, taruh di cooler bag
6. Saat makan, beri air panas biar frozen tidak terlalu panas. Air panas bisa minta di resto tempat kita makan. Sekalian minta 1 thermos jika air di thermos kita sudah tidak panas.
7. Bawa pisang, alpukat matang
8. Saat kita makan, sisihkan nasi, lauk, sayur untuk makan sore anak. Saat mau dimakan dilumatkan dulu (kalau saat itu saya tanpa saring karena pingin ringkas). Lauk sengaja pesan ikan, tahu, diambilkan bagian dalamnya.
9. Beri makan nasi, ikan, tahu. Lalu selang 30 menit kemudian diberi pisang atau alpukat.
10. Pisang atau alpukat dibawa untuk alternatif jika baby menolak makanan
11. Bawa makanan instan untuk jaga-jaga (tapi krn anak saya tidak cocok instan, tidak dimakan)

by Gita

Perjalanan dengan pesawat berangkat malam, lama perjalanan 1 jam, dilanjut jalan darat 3 jam. Lama di tempat tujuan 3 hari 2 malam, pulang dengan pesawat di siang hari. Berikut tips secara umum berdasarkan pengalaman kami.

1. Tentukan dulu mau berapa hari di tempat wisata, berangkat pakai apa, kemana saja, pulang jam berapa dan pakai apa.
2. Buat daftar menu untuk traveling mulai dari makan besar sampai cemilan. Menu dibuat disesuaikan dengan itinerary (rencana) selama perjalanan. Misal, saat itu kami berangkat malam pakai pesawat artinya ada MPASI sore dan cemilan yang mesti dibawa saat nunggu di bandara.
3. Cobakan menu pada anak sebelum hari H jadi tau menunya suka atau tidak agar badai GTM (Gerakan Tutup Mulut) tak melanda di tempat wisata.
4. Persiapkan barang-barang pelengkap MPASI yang dibawa sesuai menu dan itinerary-nya. Misal karena usia 8 m, saya bawa mini electric pot, beras, gravy beku, quiche beku, kentang, pisau, lunch jar yang tahan panas lama, bib, ziplock, baby cubes.
5. Cek tempat menginap disana apakah:

• Bisa menerima titipan menyimpan MPASI di kulkas dapur hotel, tanya ada costnya atau tidak
  • Tanya fasilitas kulkas dalam kamar pastikan menyala dengan baik, paling aman nyimpen di kulkas dapur ya
  • Tanya ada menu nasi tim,bubur,mashed potato atau menu yang sekiranya bisa kita pakai untuk MPASI anak kita dan bisa customized gulgar dan merica serta micinnya. Umumnya pada mau dan bisa.

6. Bawa MPASI instan sebagai jaga-jaga, kalau-kalau MPASI kita basi
7. Bawa cemilan bayi yang tahan lama seperti biskuit, buah-buah yang tinggal kupas atau kerok seperti pisang atau alpukat.

Semoga bermanfaat

by Bunda Arsy

Jadi, waktu liburan ke Jogja 1 minggu, aku siapin MPASI jagung manis, brokoli, bayam, wortel, edamame, buncis dan 7 botol stok kaldu sapi dan ayam kampung. Tetep anak sehat ya walaupun liburan. Makanan 4 bintang tak tergantikan hehehe. Semua sayuran aku potong-potong seukuran 3x makan atau 1 hari makan dan sayurannya dimasukin ke plastik zipper.

Misal:
Day 1,  jagung, brokoli, wortel, beras dan kaldu sapi 1 botol ASI.
Day 2, edamame, bayam, wortel, beras dan kaldu ayam kampung 1 botol ASI.
Day 3, buncis, brokoli, wortel, beras dan kaldu sapi 1 botol ASI.
Dan seterusnya di variasikan.

Kenapa tidak bawa daging utuh? Karena takut bau terus nggak kemakan jadi sayang banget kan.  Yaudah deh, aku bikin kaldu sebelum pergi. Si sayur jangan lupa dicuci bersih ya Bund. Terus tirisin airnya sekering-keringnya. Kalau aku pakai tisu serap minyak itu loh, biar tidak busuk. Langsung dimasukin plastik zipper.

Trus kagak dibekuin ya Bund. Taruh di chiller aja sebelum dibawa. Terus pas mau dibawa masukin ke cooler bag plus kasih Ice gel. Karena kalau pas beku si sayurnya, bakalan lembek sampe Jogja. Kandungan airnya ikut ilang mencair bareng es. Tidak lupa bawa slow cooker buat masak karena di hotel tidak ada kompor. Hahahha, jadi bangun shubuh, langsung deh semua di cemplungin jam 7 kelar langsung berangkat ke tempat wisata.

Nah untuk buah, aku blend trio berries. Masukin plastik ASI. Bikin 7 pack. Nitip di bagian dapur hotel karena pasti mereka punya box freezer. Kalo hotelnya ada kulkas bisa si ditaruh kulkas hotel tapi aku belum pernah coba. Karena 1 minggu makan buah harusnya 14x dan aku cuma bawa 7 pack jadi aku selingin kalau ada melon, ya aku kasih, atau pisang dan pepaya. Tapi alhamdulillah pupy lancaar jayaa Bund. Oh iya, jangan lupa bawa parutan khusus makanan bayi atau saringan ya Bund. Soalnya anakku waktu itu baru 7 bulan.

Udah sih gitu aja kalo aku. Jadi sedikit repot di rumah aja Bund, kalo di Jogja enggak repot karena udah disiapin. Semoga manfaat yang mau liburan ya.

by Mama Atha

1. Googling catering bayi di tempat tujuan, pastikan testimoninya bagus dan order.
2. Bawa saringan, talenan, pisau, slabber, alat makan bayi, sabun cuci peralatan dan box besar buat steril
3. Untuk camilan saya waktu ke jogja cari supermarket/pasar deket hotel untuk beli buah-buahan.

Simple, nggak ribet, cenderung males heboh 😂